Selasa, 21 November 2017

Sharing Kebingungan Saat Harus Memilih Pesantren alias Boarding Shool Berbasis Tarbiyah... #Deurbanization LifeStlye Bidang Pendidikan




.......KISAH 2015 LALU SAAT ANAK KE-2 HARUS JADI SANTRI ....


.Ngitung Kancing Saat Anak Harus Jadi Santri.....

... Husnul Khotimah Kuningan vs Al Kahfi Lido

Memilihkan sekolah buat anak memang gampang-gampang susah, karena tidak hanya kepentingan masa depan anak yang jadi prioritas, namun kadang kepentingan orang tua juga menjadi faktor penentu keputusan seperti keluarga besar kita ada dimana.. arah mudik ke arah mana dsb dsb... alias dengan menenpatkan arah di suatu kota, kita berharap ada nilai tambah silaturahmi yang akan didapat ..


...... Hasil Jalan Jalan Ke Husnul Khotimah...
..Sangkan Hurip & Pantura...




Nah.. tulisan edisi ini adalah kali ke dua kita angkat masalah Boarding School.. karena yang namanya pesantren itu mau tidak mau sangat erat kaitannya dengan yang namanya peternakan karena ritual qurban sudah pasti mereka lakukan, Jadi kalo kita punya peternakan sudah selayaknya lah untuk iseng iseng turut bermimpi bisa membangun sebuah institusi pendidikan keagamaan, yang kita mulai dengan menugaskan anak-anak kita untuk berguru di berbagai sarana pendidikan berbasis pesantren.


Pesantren Quran Marifastussalam 
Kalijati Subang

...Masih Sodaraan ama As Syifa Subang..



Kegiatan NGITUNG KANCING ini sendiri adalah untuk keperluan anak kedua saya.. dengan beberapa tiket placement test di berbagai pesantren tarbiyah seperti  Al Kahfi di Lido Sukabumi, Marifatussalam di Kalijati Subang, Husnul Khotimah di Kuningan dan tentu saja As Syifa Subang karena kakaknya sudah masuk duluan ke sana.
Suasana PMB As Syifa

Siapa tahu ulasan hasil survey dan ikut PMB di beberapa boarding school berikut ada manfaat nya buat yang baca blog SaKaDo ini.. plus faktor faktor yang saya coba angkat sebagai dasar NGITUNG KANCING dalam menentukan arah mata angin kemana sang anak harus sekolah...
... Mantaps Pemandangannya @Al Kahfi Lido..


...Contoh Soal @Husnul Khotimah... Ortunya agak Bingung Jawabnya..





..Prosesi Test Masuk Yang Agak Beda Khas Husnul Khotimah ..

Proses NGITUNG KANCING dibawah ini hanyalah ilustrasi dan bersifat subjektif tergantung selera... alias hanya buat inspirasi bagi yang sama sama bingung untuk menentukan pilihan terbaik buat anak kita.. minimal dengan 'Men-Jembreng-kan" semua item-item baik yang ada relevansinya maupun tidak kita bisa lebih puas dalam mengambil keputusan kelak.. walaupun bantuain doa dan shalat istikharah tetap menjadi kunci utama sebagai alat bantu buat mata dan hati kita yang sedang DeadLoack menentukan pilihan masa depan..

FAKTOR LOKASI :
Masalah transportasi kadang menjadi unsur yang memberatkan hati jika memang kita ingin sering sering nengokin sang anak..  Jadi kebiasan bermusafir akan sedikit membantu kita untuk tidak terkaget kaget dengan kondisi perjalanan yang ada. Ada juga yang menjadikan suhu udara sebagai pertimbangan sang anak saat harus mondok nanti..  suhu udara yang panas buat orang pegunungan tentu akan menjadi kendala sendiri saat harus menuntut ilmu nanti..


Buat Yang Berdomisili di Jabotabek seperti saya, ternyata baik ke As Syifa Subang maupun arah Al Kahfi di Lido Sukabumi, faktor kemacetannya sama. Makin Hari makin unpredictable kepadatan Tol yang mengarah ke luar kota, khususnya yg mengarah ke Cikampek-Cipali makin hari terasa makin padat saja tiap akhir pekan. 

Paling Cepat jika lancar dari PondokGede ke As Syifa bisa saya tempuh dalam 2 jam. tapi kalo macet bisa 4-5jam

Begitu pula jika ke Al Kahfi, paling lancar 2 jam dari rumah sudah bisa ke TKP, kalo kalo lagi super macet, 4-5 jam pun kita masih di jalan. Rekor pulang dari Al Kahfi paling cepat adalah 1 jam, itupun jika pulang dari pondokan jam 12 malam ke atas.. hehehe


Akhirnya Anak 1 & 2 Di pondokan di 1 Lokasi
Untuk Menjaga Rasa Persaudaraan diantara Saudara
# Saudara vs Persaudaraan #




FAKTOR FASILITAS :

Fasilitas di lingkungan pondokan tentu harus mempunyai bobot tersendiri karena akan berkaitan langsung dengan kenyamanan sang anak sehari hari... soal BAB aja kadang bisa bikin anak mundur jika memang dirumahnya terbiasa dengan WC duduk, sementara di pondokan fasilitas WC kadang tidak menjadi perhatian.. padahal kebersihan MASJID dan WC adalah salah satu wajah indikator pengelolaan manajemen kebersihan dari para pengurus pondokan..






...Menengok Kakak Kakak Di Boarding..



JANGAN LUPA !!

Jika Ortu Berniat Pula Menugaskan Anak Untuk Melanjutkan Mondok di Level SMA nya, daya tampung kursi SMP dan SMA harus di analisa, apakah kursi di SMA nya lebih terbatas, sama atau lebih besar, karena daya tampung di jenjang lanjutan yang terbatas akan menyebabkan anak harus kena Saringan Ujian Masuk lagi alias tidak otomatis !! Yang nanti ujung-ujung bisa bikin ortu dan anak agak kerepotan karena harus jantungan nyari nyari jadwal tes di sekolah cadangan..






..Musti Ikut Test Saringan Lagi Untuk Lanjut SMA di As Syifa..


FAKTOR PRESTASI SEKOLAH:

Kalo Soal Prestasi.. sudah barang pasti semua sepakat jadi nomor hiji, karena cerminan  proses belajar mengajar akan keliatan dari sisi ini.. dan tentunya penekanan dengan kurikulum antara boarding yg ber DIKNAS vs DEPAG tentu patut menjadi pertimbangan sendiri. Untuk hal ini pastilah akan tergantung kepada latar belakang orang tuanya.. ada ortu yg milih anaknya pesantren quran dan urusan materi pelajaran umum katanya tinggal ikut bimbel aja di semeseter terakhir kelak... dengan alasan ngejar materi pelajatan umum relatif lebih mudah daripada ngebenerin masalah akhlak...


FAKTOR PENDUKUNG LAINNYA

Jika ada faktor-faktor crusial hasilnya sama imbang... maka saatnya kita memasukkan faktor asal asalan sebagai dasar pertimbangan... siapa tahu ini bisa jadi penentu keputusan ke arah mana jalan tol yang akan kita tempuh... hehehe..






...Potensi AgroBisnis @As Asyifa @2013



.. Hiruk Pikuk Saat Test PMB @ Al Kahfi Lido...


.. Hiruk Pikuk Saat Test PMB @ Husnul Khotimah Kuningan


..PMB @Pesantren Quran Marifatussalam...





 Prosesi PMB @Husnul Khotimah Feb'2015
...Semua Peserta Upacara dulu dan Berdoa Bersama..


..Sementara Anaknya Test, Ortunya Dengerin Info Kepesantrenan Dari Panitia PMB



 ..Mabit di Masjid SMAIT As Syifa..
Solusi Antisipasi Terjebak Kemacetan Menuju Area Pondokan




...Suasana Al Kahfi...



===========================================

..DAN 1 SEMESTER KEMUDIAN...
PILIHANNYA JATUH KE...

..@Agustus 2015
...2 Minggu Pertama Asrama...



..Unjuk  Kekompakan Buat Mengaet hati Adik Kelas Baru..


..


33


Pada Kangen Ama Mas Hafiez



 Cuma Sebulan Sekali bisa Gendonk Adik Bungsu



@Ruang Makan As Syifa..
Jangan Sampai Adek gak kenal Mbak nya..



Resiko Anak Mondok Di Pesantren Yang Berbeda.
Ngumpul Bocah Seperti Ini Jadi Terasa Super Istimewa



...Gak Bisa Foto Keluarga Lengkap Diluar Jadwal Libur ..





Januari 2016.. 



 Mulai Survey Lagi buat Test Mbak Nya di SMAIT Putri Al Kahfi




Suasana Bangunan Baru @SMAIT Putri
Pesantren Al Kahfi
Jan - 2016

...Nengok Anak di SMPIT AL KAHFI LIDO



... AL KAHFI.....





...Kajian Rutin Santri Putra Al Kahfi




Belajar Tahsin..



 Beruntun Bisa Ikutan Nyimak Kakak Kelas Yang Mau Ujian Nasional






SUASANA AS SYIFA PUTRI
30 JAN 2016







..Nunggu Anak Test Masuk SMA Putri @Al Kahfi Lido.
Hanya Tersisa 15 Kursi Saja Untuk Peserta Test dari Luar Al Kahfi










..Sang Sopir Harus Pinter-Pinter Nyari Waktu Istirahat Saat Nengok Anak Di Pesantren




Lagu Galau dan Obat nya Dari Group WA
As Syifa Subang
Mei 2016


Untung Lagu Ini Baru Ada Pas Mbak Hafeeza Mau Di Wisuda Dari As Syifa Subang







Doa Ibu.. Agar Anaknya Bisa Betah dan Membawa Berkah slama Menuntut Ilmu di Boarding


=====================================================

Kutipan Nasehat bagus Dari FB Salah Seorang Guru Pesantren Al Kahfi Lido




*RENUNGAN*

Luruskan niat!
Untuk apa anak-anak
kita serahkan ke pesantren?
Untuk menjadi hafidz Qur'an?
Untuk menghafal ribuan hadis?
Untuk dipandang alim?
Untuk dikenal dan diustadzkan di masyarakat kelak?
Untuk mendapatkan bekal mencari dunia dengan kefasihan lisan dan ilmu agamanya?
Untuk bisa juara Olimpiade Sains?
Untuk bisa masuk PTN?


Tidak!

Jika itu tujuannya, silakan bawa pulang putra-putri Bapak/Ibu,
karena Bapak/Ibu akan kecewa,
Karena bukan itu tujuan kami mendidik santri santri kami.

Inti dari tujuan tarbiyah di pesantren ini, yaitu akhlak.
Kami ingin mencetak generasi yang berakhlak.
Yang menjadikan Allah sebagai tujuan hidup, Rasul sebagai qudwah, dan Al-Quran sebagai panduan hidupnya.

Bukan yang lain!

Betapa banyak kita dapati penyimpangan dan kehancuran di muka bumi ini, karena mereka beriman tetapi tidak berakhlak.
Mereka membaca Al-Quran tetapi hanya sampai di tenggorokannya saja.
Mereka membaca hadis nabi sebagai pemanis lisannya, dan dengan mudah menafsirkanya sesuai kepentingan mereka.

Mereka banyak belajar tetapi lebih banyak tentang dunia, bukan tentang Rabb-nya.
Tolak ukur anak shalih bukan hanya dari banyaknya juz Al-Quran yang telah dihafalnya.
Bukan dari berapa banyak hafalan hadisnya.
Bukan dari seberapa bagus nilai bahasa Arabnya...

Meski itu semua tentu juga merupakan keutamaan dan amal shalih yang kita sebagai orang tua turut memetik pahala karenanya.
Namun dari kemampuan mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.

Lihatlah dari keistiqomahannya dalam ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya.
Semua itu adalah hal penting sebelum seseorang dikatakan berakhlakul karimah.
Apakah yang lebih membahagiakan kita sebagai orang tua, selain anak-anak yang menyejukkan saat dipandang?

Ah...biarlah anak-anak kita tidak terkenal di dunia karena menjadi juara Olimpiade Sains atau kompetisi lainnya.
Namun, insya Allah kelak dia terkenal di langit,
dengan keshalihannya.

Wahai para orang tua, antarkan mereka bukan hanya sampai ke gerbang pesantren, setelah itu anak dilepas begitu saja, tapi antarkan sampai ke gerbang surga.


Tahun ke 2 jadi Santri Al Kahfi..
Sep 2016



Alhamdulillah
Bisa Barengan Ikutan Aksi 411

 Kangen Sama KakakYang Tiba-tiba Pulang buat Aksi 411













Titip Kisah Semangat 411 Buat Teman-teman Asrama mu yah..


2017 Gak Kerasa Sudah Jadi Kelas 9Alias
Hanya Tersisa 1 Semester lagi Menjadi Santri


Asrama Hamzah, 



Aktivitas Hari Ahad Anak Santri al Kahfi


Teman Sekamar di Asrama


 Ruang Jemuran Buat Merenung
Walau Di Asrama, Ortu Harus Ngajarin Anak Santri Belajar Jualan Online


 Urbam Farming saat kelas 8 di  Asrama Abu Bakar


Belajar Keajaiban Ayat Quran vs Orderan Online


Belajar Berkebun dari Kamar Asrama.




Santri dan Calon santri


gak Kerasa Sudah 3 Tahun berpisah dengan Adik-adik
 



Selasa, 14 November 2017

Ternyata Milih Lanjut SMA Boarding itu School Lebih Susah daripada Milih SMP nya . # Galau Milih SMAIT As Syifa Subang vs AL Kahfi Lido




.....3 Tahun Telah Berlalu...



Tidak Terasa 3 tahun sudah akan dilalui anak pertamaku di SMPIT As Syifa. Dan sekarang saatnya harus memutuskan apakah harus tetap di Subang ataukah mondok bareng adiknya buat lanjutin ke SMAIT AL Kahfi Lido.
 







Berhubung Belum Ada Versi buat anak cowok
Pinjem Lagu "Ummi Gak Mau Pulang" nya anak anak As Syifa Subang dulu


Bukan perkara mudah buat kita yang menjadi orang tua untuk berpisah dengan anak yang baru berumur  12-13thn untuk kita kondisikan jauh dari orang tua.. disinilah pentingnya peran dari pihak sekolah untuk mengatasi masa-masa kritis dari anak-anak agar bisa segera beradaptasi dengan lingkungan baru.




 Super_Camp Feb'16
@Kala_Hitam Subang
 Menghitung Hari Sisa-Sisa Kebersamaan








OsPeta... Organisasi Santri Lintas Angkatan...
#..BEM..#








"Pasukan Elit" Nya al kahfi



Inilah ternyata pengalaman saya memondokkan anak di SMPIT di As Asyifa,  yang tidak otomatis membuat anak didiknya bisa lanjut ke jenjang SMAIT alias anak-anak internal SMPIT As Syifa harus ikut seleksi lagi dengan murid sekolah lain untuk bisa masuk SMA.., yang membuat Mbak Hafeeza, Anak paling gede saya harus nyari-nyari daftar ke Boarding School  lain buat jadi cadangan.






#..Pramuka dan Pasus Alias Pasukan Khusus Al KAHFI.. #





..Lokasi Yang Lebih Dekat Dgn JAkarta. 
Membuat Alumni nya lebih mudah Sharing Dengan Almamater







EDUFEST.. 
Ajang PentasSeni Anak Anak Al Kahfi


Alhamdulillah, anakku bisa lulus seleksi ke SMAIT AL KAHFI Putri Jurusan IPA, gara-garanya di As Syifa memang tidak otomatis santri nya bisa lanjut ke jenjang SMA, terpaksalah kita sebagai ortu nyari-nyari ban serep.


...Malam Ahad, Blajar Jalan Terus...



... Di Al Kahfi Kegiatan Kolektif Seperti Pramuka Lebih Sering Saya Lihat


Ternyata.. berita kelulusan anak  masuk sekolah itu kadang malah bisa menambah kebingungan para ortu, Alias jika tidak lulus malah bisa lebih mudah kita mengambil keputusan karena jika makin banyak alternatif dihadapan mata maka pilihan dan kegalauan akan masa depan anak bikin kita makin pusink.



Masjid Al Kahfi, SMA dan SMP









..Lingkungan Asri SMA Putri Al Kahfi..



Kalo bisa dapat PMDK atau Lulus seleksi Reguler sih Alhamdulillah,.. nah kalo ternyata gak lulus semua pintu yang disediakan para Ortu bisa super sedih..apalagi anaknya.. 


Al Kahfi
 
Jenjang SMA memang agak unik jika dibandingkan saat kita milih jenjang SMP nya. Banyak Ortu yang anaknya boarding di SMP, lebih memilih SMA NEGERI dgn tujuan mengejar jatah kursi panggilan SNMPTN ke PTN bergengsi yg memang biasanya lebih banyak diberikan kepada sekolah negeri yg jam terbang alumni nya bertebaran sejak jaman babeh gue itu..





Jadi kalo mau milih SMAIT boarding, maka sejak awal para ortu harus mulai menyelaraskan mental anak-anak nya untuk tidak mendapat kursi SNMPTN favorit seperti teman-teman mereka yg di SMA NEGERI, karena jatahnya memang sedikit, karena jalur undangan tentu akan melihat track record dari para kakak angkatannya..



... SUPER CAMP Ala As SYIFA..




.
..Ruang Makan As Syifa...
# ..Soal Fasilitas Memang Sulit Tertandingi Oleh Al Kahfi..#



Kantin Yang Lengkap Vs Uang Jajan Anak Yang Harus Tebal





..Tim Marketing PMB As Syifa Memang Paling Cakep Mengaet Minat.. 




FAkhirnya, Faktor SNMPTN 
Adalah kata kunci dalam menentukan pilihan  level SMAIT Boarding

SNMPTN 2016
Dari 127 pendaftar, 51 santri diterima PTN.


Alhamdulillah..
Perjuangan 3 Thn di As Syifa Sudah Dilalui,
Smoga 3 thn Ke depan Bisa Menambah Wawasan di SMAIT AL Kahfi Lido


Gak Ada Mas Hafiez..jadinya pada males foro full team sekeluarga



Modal Lanjutin Hafalan di Al Kahfi  Kelak


...Barakakallah ya Mbak...


...Doa Ibu... .Sepanjang Waktu..


 Ketika Harus Memilih


Smoga Betah 3 Thn Dengan Suasana Dan Lingkungan Baru










Mukhayam & OutBond 2017
 SMAIT PUTRI AL KAHFI LIDO